Wednesday, February 8, 2017

Struktur kaki & engkel

Apa kabar sobat...disini saya ingin menjelaskan tentang Struktur dari kaki & engkel....

Tulang telapak kaki & pergelangan kaki membantu wilayah distal tungkai bawah yang ada dikerangka apendikularis. Tulang-tulang ini berperan sebagai tenaga penggerak,keseimbangan,dan menopang berat tubuh melalui berbagai jenis aktifitas, seperti berdiri,berjalan, lari,dan loncat. Tulang-tulang ini merupakan pondasi dari semua yang kita lakukan, orang yang memahaminya dengan baik akan tau bahwa tulang tersebut dibuat untuk mengontrol dan menciptakan hal yang luar biasa yang kita sebut gerak.
Untuk menghargai pentingnya Telapak dan Pergelangan kaki, kita harus memahami hal-hal
di bawah ini:
• Acknowledge (Mengakui) bahwa sistem neuromuscular merupakan jaringan yang sangat terintegrasi antara sendi,fascia,otot dan saraf yang bekerja sama seperti sebuah simfoni dan memberi keindahan yang kita sebut dengan gerakan manusia.
• Value (menghargai) telapak kaki sebagai struktur kinematis yang berfungsi sebagai pondasi gerakan rantai tertutup
• Understand (memahami) sensitifitas plantar proprioceptors dan peran mereka dalam menjaga keseimbangan,mengetahui pengaruh tekanan dan menstabilkan lumbopelvic hip complex untuk daya penggerak manusia.
• Reject (Menolak) input neuromuskuler yang terus menerus akibat alas kaki dan orthotics dan membiarkan proprioceptive imput dari lantai tempat kita berdiri.
Sebagai satu-satunya titik kontak antara tubuh dengan lantai, telapak kaki kita berperan penting terhadap cara tubuh kita mengontrol dan bereaksi pada setiap gerakan upright. Sendi pergelangan kaki dibentuk oleh kesatuan tulang bawah– tibia dan fibula– dan tulang tarsus pada telapak kaki. Mereka adalah tiga tulang yang membentuk sendi engsel sinovial yang erat dan memungkinkan terjadinya plantar fleksi dan dorsi fleksi pada telapak kaki.
Plantar fleksi adalah gerakan yang   menunjukkan telapak kaki menujuk kearah lantai,seperti berdiri dengan ujung jari kaki.Dorsifleksi adalah kebalikan dari plantarfleksi dan melibatkan gerakan telapak kaki menjauhi lantai, saat menarik jari kaki ke atas dan berjalan dengan satu tumit. Medial malleolus tibia dan lateral malleolus fibula membentuk cangkir yang mengelilingi tarsus bundar untuk mencegah gerakan lateral dari sendi pergelangan kaki. Fibula disatukan dengan tulang telapak kaki pada bagian lateral pergelangan kaki oleh anterior dan posterior talofibular ligaments dan calcaneofibular ligament.Pada bagian
medial,deltoid ligament yang lebar mengikat tibia ke tulang tarsal pergelangan kaki. Seluruh ligamen ini bekerja sama untuk membatasi gerakan ekstrim dan dislokasi sendi pergelangan kaki saat berusaha memberikan sedikit fleksibilitas lateral yang membantu tubuh berjalan pada permukaan yang tidak rata dan menjaga keseimbangan.Dengan 26 tulang,33 sendi, 19 otot dan 107 ligamen, telapak kaki manusia merupakan struktur biomekanik yang kompleks dan luar biasa. Akan tetapi, pentingnya fungsional
telapak kaki tidak hanya berhenti sampai pada pronasi dan supinasi.
Cukup sekian dulu guys...semoga bermanfaat..sampai ketemu dengan blog saya selanjutnya....😊😊😊saya ingin sedikit berbagi nih yang mau berpenghasilan luar biasa silahkan pelajari disini Paytren 

No comments:

Post a Comment