Thursday, February 9, 2017

Fungsi kaki dan engkel

●Fungsi
Telapak dan pergelangan kaki harus dengan cepat beradaptasi dengan permukaan tempat Anda berjalan supaya Anda bisa mendapatkan,“dari poin A ke poin B.”

•Informasi Penting
Pada telapak kaki, kita memiliki dua ukuran saraf kecil dan besar dengan saraf yang lebih kecil yang ditemukan di dasar telapak kaki.Karena diameter yang lebih kecil, saraf plantar ini mampu mengirimkan sinyal dengan lebih cepat ke Sistem Saraf Pusat,membuat respons yang lebih cepat.Saraf yang lebih kecil ini juga berperan penting pada quiet stance (posisi diam) and upright.ability (kemampuan upright). Jika Anda memikirkan rutinitas sehari-sehari saat memasang kaos kaki dan sepatu setiap pagi,apakah Anda pernah berpikir apa yang diakukan pada
input saraf plantar?
Ketika kita memasang kaos kaki,orthotics atau sepatu kita menghalangi saraf kecil yang sangat sensitif di bawah telapak kaki.
Blocking atau skewing input ke saraf plantar menyebabkan keterlambatan waktu respon dan membuat saraf besar semakin melambat yang ditemukan pada pergelangan kaki dan kaki bawah.
Meskipun perubahan respon proprioseptif ini bersifat halus dan tidak membuat kita jatuh.Perubahan ini memberi dampak negatif pada saat kita mengontrol telapak kaki dan bereaksi terhadap permintaan gerak manusia.Terutama ketika berhubungan dengan kemampuan kita untuk memberi impact forces saat berjalan.
Untuk persepsi vibrasi kita harus kembali ke telapak kaki.Karena satu-satunya kontak
yang terjadi adalah antara tubuh dengan lantai, masuk akal jika persepsi impact forces kita harus dimulai dari telapak kaki.
Yang cukup menarik adalah bahwa 80% dari plantar receptor kita sensitif terhadap vibrasi.Sehingga menjadi stimulus yang paling penting karena telapak kaki kita terbiasa mengontrol gerakan.
Studi menunjukkan bahwa kemampuan kita untuk mendeteksi vibrasi yang
memungkinkan kita menentukan apakah permukaan tersebut keras,halus,licin,dan lain sebagainya.Selain itu,kita menggunakan vibrasi untuk menjaga keseimbangan dan menggunakannya sebagai energi potensial saat kita berjalan.
Innate Loading Response
Ketika menerima vibrasi ini, bagaimana tubuh kita selanjutnya menyerap vibrasi tersebut sehingga kita tidak mengalami cedera?
Setelah dirasakan oleh kulit di bawah telapak kaki, vibrasi tersebut masuk ke otot.Seluruh otot tubuh ditempatkan di kompartemen atau bundel yang dikelilingi oleh selubung fascia.
Sampai disini dulu yah guys..sampai jumpa diblog selanjutnya 😊

No comments:

Post a Comment